Selamat siang, kali ini saya mau bahas nih mengenai penggantian stang/stir di new cb150 (ncb). Kadang beberapa rider mementingkan model/gaya stang di ncb nya, tapi kadang juga para rider lebih mementingkan kenyamanan atau ride style dari ncb nya.
Oke daripada bingung saya bakal jelasin beberapa stang yang mungkin dapat diaplikasikan di ncb kita.
1. Stang Byson
Sumber |
Sumber |
Penampilan:
Pengaplikasian stang byson di ncb ini sangat cocok, karena stang byson tidak terlalu panjang. Saya mengaplikasikan stang ini dengan raiser, dengan tujuan agar posisi riding menjadi lebih nyaman. Stang byson ini juga terlihat sangat gagah ketika dipasang di ncb, pas, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Untuk riding jarak 30km juga masih nyaman, tidak pegal di bahu maupun punggung.
Kenyamanan:
Posisi riding menjadi lebih nyaman menurut saya, dibanding stang bawaan ncb lebih enakan stang byson+raiser. Menurut pendapat saya pribadi lho ini, tinggi badan saya 174cm. Untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh, stang ini sangat nyaman, tapi untuk yang suka selap-selip di kemacetan, waduuhh stang ini agak bahaya, kalau gak bisa bermanuver bisa senggol kanan kiri.
Pemasangan:
Sebenarnya pemasangan stang ini tanpa raiser cukup mudah, pnp, tapi untuk lebih memudahkan lagi sebaiknya pasang raiser, untuk meminimalisir goresan stang dengan tangki saat berbelok penuh. Untuk kenyamanan juga, mending kabel kopling dipindah jalur ke luar agar tidak mengganggu saat berkendara. Atau kalau punya dana lebih ganti saja kabel kopling bawaan dengan kabel kopling motor lain, saya saranin pakai kabel kopling klx. Sebenernya pakai kabel kopling bawaan ncb masih bisa, tapi saya ngerasa kurang nyaman, saat belok tajam kabel kopling berasa ketarik.
Harga:
Untuk pembelian stang byson ori tahun 2016 di dealer Yamaha kota saya, kena harga 80k.
Raiser merk willwood (cmiiw) kena harga 90k.
Kabel kopling klx 30k.
2. Stang Old Vixion
Sumber |
Sumber |
Yah kali ini pakai stang adik rival ncb haha yaitu Old Vixion. Menurut pantauan saya di group ncb, aplikasi stang old vixion di ncb sangat jarang ya hhehe
Penampilan:
Untuk penampakan stang old vixion di ncb saya sendiri kurang suka, nanggung, kalau rendah kurang rendah, kalau tinggi kurang tinggi. Pokoknya kurang suka lah, selera masing-masing lho yaa hehe
Kenyamanan:
Saya sendiri jujur belum pernah ngerasain stang ini, tapi setelah baca-baca di group maupun blog/website otomotif lain mereka bilang "lumayan". Lebih nyaman dibanding stang byson karena posisi stang sedikit agak tinggi. Jadi enak buat perjalanan jauh.
Pemasangan:
Untuk pemasangan stang ini pnp ya, tapi lebih disarankan pakai raiser tambahan. Oh iya, kabel gas dan kopling juga harus diganti agar saat belok kabel kopling gak ketarik.
Harga:
Untuk harga stang ori old vixion di dealer Yamaha sekitar 75k an, tergantung daerah masing-masing sih. Ada juga yang kw seharga 35k, tapi resiko kw lebih banyak dibanding resiko ori. Saya sarankan beli yang ori :)
3. Stang Tiger Revo
Sumber |
Buat bro sist yang hoby touring pasti gak asing sama stang ini. Yah, hampir semua bikers tau tentang stang ini, dan sering diaplikasikan ke berbagai merk motor, entah satu pabrik maupun beda pabrik. Stang tiger revo ini merupakan salah satu pilihan stang yang dapat digunakan dalam segala kondisi, entah saat touring maupun harian (yang penting bukan buat racing, gak cocok haha)
Penampilan:
Untuk penampilan, menurut saya sendiri kurang begitu cocok sih dipakai di ncb, tapi kalau ncb kalian model adventure/touring mungkin cocok. Saya sendiri kurang begitu suka hehe
Kenyamanan:
Untuk kenyamanan, stang tiger revo ini gak bisa diragukan lagi, banyak anak club yang doyan touring pakai stang ini karena faktor kenyamanannya. Kok bisa? Ya karena posisi riding jadi tegak, gak bungkuk, kalau dalam biologi tulang punggung bisa lurus wkkw jadi gak gampang pegal pegal
Pemasangan:
Sebenarnya pemasangan stang tiger di ncb ini pnp, tapi disarankan menggunakan raiser agar lebih maksimal, juga disarankan mengganti kabel gas dan kopling demi kenyamanan handling. Tapi saya pernah baca ada yang pakai stang tiger tanpa ganti kabel bawaan, artinya harus diakalin dengan cara pengeluaran jalur kabel gas dan kopling, entah saya sendiri juga belum tau gimana step by stepnya, tapi saya saranin mending ganti kabel gas dan kabel kopling sekalian aja hehe
Harga:
Untuk di wonogiri, harga stang tiger ori 70k, dulu tapi entah kalau sekarang hehe
Untuk raiser bisa menggunakan sesuai selera masing-masing, dari yang murah sampai ke yang mahal
Sedangkan untuk kebel pakai saja kabel vespa, atau klx, untuk klx seharga 30k an.
4. Stang Jepit
Sumber |
Sumber |
Untuk stang type ini nih yang paling didemenin buat rider yang suka ngebut, a.k.a anak racing haha Ada banyak merk untuk stang type jepit, dari stang merk merk racing, bahkan juga stang satria fu (pernah denger ada yang pakai tapi kurang tau keabsahan beritanya)
Penampilan:
Untuk penampilan stang jepit di ncb saya sendiri kurang suka sih karena pasti posisi riding terlalu nunduk. Saya pribadi kurang begitu suka sama posisi ini. Dan untuk pemakaian stang jepit di ncb, posisi spion jadi tidak berfungsi maksimal, karena spion bakal menghadap badan.
Kenyamanan:
Kalau soal kenyamanan, stang ini menempati stang paling tidak nyaman menurut saya. Karena posisi rider pasti nunduk, dan untuk perjalanan jauh sangat-sangat tidak nyaman, bikin pegel-pegel, bokong panas haha
Pemasangan:
Untuk pemasangan, tergantung merk stang sih, ada yang pnp, ada yang ngerubah segitiga juga, tapi kalau menurut saya kebanyakan harus ngubah segitiga, dibawa ke bengkel beres deh haha
Kemungkinan kabel gas dan kabel kopling ori masih bisa digunakan.
Harga:
Masalah harga tergantung merk, semakin bagus merk tersebut maka semakin mahal pula haha
Untuk merk probiker, harga sekitaran 200-250k
Bisa juga pakai stang satria fu seharga 150k an
Tergantung selera mau pakai stang apa
Penampilan:
Untuk penampilan stang jepit di ncb saya sendiri kurang suka sih karena pasti posisi riding terlalu nunduk. Saya pribadi kurang begitu suka sama posisi ini. Dan untuk pemakaian stang jepit di ncb, posisi spion jadi tidak berfungsi maksimal, karena spion bakal menghadap badan.
Kenyamanan:
Kalau soal kenyamanan, stang ini menempati stang paling tidak nyaman menurut saya. Karena posisi rider pasti nunduk, dan untuk perjalanan jauh sangat-sangat tidak nyaman, bikin pegel-pegel, bokong panas haha
Pemasangan:
Untuk pemasangan, tergantung merk stang sih, ada yang pnp, ada yang ngerubah segitiga juga, tapi kalau menurut saya kebanyakan harus ngubah segitiga, dibawa ke bengkel beres deh haha
Kemungkinan kabel gas dan kabel kopling ori masih bisa digunakan.
Harga:
Masalah harga tergantung merk, semakin bagus merk tersebut maka semakin mahal pula haha
Untuk merk probiker, harga sekitaran 200-250k
Bisa juga pakai stang satria fu seharga 150k an
Tergantung selera mau pakai stang apa
5. Stang Fatbar
Sumber |
Sumber |
Penampilan:
Dalam hal penampilan stang ini terkesan gagah, futuristik, modern, sesuai sama body ncb yang gambot ramping. Dalam hal penampilan stang ini juaranya (menurut saya)
Kenyamanan:
Kenyamanan stang ini di bawah stang tiger, dan juga i atas stang jepit. Balance. Tapi untuk jalanan perkotaan agak sulit karena panjangnya stang ini, bahkan saya dulu sering nabrak spion mobil pas di lampu merah, tergantung skill riding juga sih hehe. Untuk perjalanan jauh agak kurang nyaman, tapi untuk kota-kota oke lah riding sekalian gaya haha
Pemasangan:
Pada dasarnya stang ini pnp di raiser bawaan ncb, tapi beberapa merk stang nyentuh tangki kalau belok. Lebih baik pakai raiser tambahan agar lebih aman dan nyaman. Untuk kabel kopling dan gas di beberapa merk masih bisa pakai yang ori, tapi untuk stang yang agak panjangan dikit harus ganti kabel koling agar nyaan saat handling.
Harga:
Untuk harga bervariasi tergantung merk
Merk Protaper seharga 325k di Solo
Merk Acerbis seharga 250k di Solo
Dan untuk merk abal abal ada yang harga 75k tapi ya kualitas kurang tau sih
Nah, diatas itulah rekomendasi stang yang cocok buat ncb. Untuk pemilihan tergantung selera ya, mau model touring atau sporty tergantung selera masing-masing, yang penting tetap stay safety. :)
fatbar paling enak+gagah
ReplyDeletetapi kalo nuat selap selip rewan nyenggol spion mobil bro haha
Deletethanks sangat membantu
ReplyDeleteKlo pake protaper ,kabel gas pake apa ya kira² ,klo kabel bawaanya sih kependekan jd harus diakali dipasang diluar
ReplyDeletekabel gas bisa pakai punya new megapro mas
Deletekalau pakek stang sprinter belum pernah ada yang nyoba .? natap tangki apa nggk mas broo.?
ReplyDeletereview stang sprinter masih sedikit mas hehe
Deletemasalahnya, kabel gasnya kan ada 2 yaa A & B
ReplyDeleteitu bisa diganti kabel apa??
yang dipakai 1 aja gapapa mas, efeknya saat tarik gas lebih galak, tapi saat lepas gas agak lama
Deletesaya juga pakai 1 kabel, pakai punya new megapro
recommended bengkel cb disolo mas
ReplyDeletekalau saya biasanya di inova mas, beli dan pasang disana langsung, sudah langganan soalnya
Deletebro/mas rekomendasi kabel gas yang ganti ke stang byson apa ya? soalny untuk kopling saya masih nyaman sedangkan gas kalau belok kanan gasnya nyantol/kejepit
ReplyDeletesebisa mungkin tetep 2 kabel sih mas
Delete